Cara Mencari Siaran Nex Parabola

Cara Mencari Siaran Nex Parabola: Mudah dan Efektif

Posted on

Exponesia.id – Cara Mencari Siaran Nex Parabola: Mudah dan Efektif. Pada era digital seperti sekarang, televisi menjadi salah satu hiburan utama bagi banyak orang. Namun, untuk menikmati siaran televisi dengan kualitas yang lebih baik, banyak orang beralih ke parabola. Salah satu jenis parabola yang banyak digunakan adalah Nex Parabola. Bagi yang baru pertama kali menggunakan Nex Parabola, mungkin merasa kesulitan mencari siaran yang diinginkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas cara mencari siaran Nex Parabola dengan mudah dan cepat.

Penyebab Siaran Nex Parabola Hilang

Sebelum mencari siaran Nex Parabola yang hilang, pastikan kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengatasi kendala dengan cepat dan perangkat antena dapat kembali normal.

Berikut adalah beberapa penyebab siaran Nex Parabola hilang:

1.Cuaca Buruk

Cuaca buruk menjadi faktor utama yang dapat mengakibatkan siaran Nex Parabola hilang pada jalur Ku Band. Spektrum ini memang lemah terhadap perubahan cuaca karena sinyal tidak dapat tembus awan.
Namun, hilangnya siaran Nex Parabola akibat cuaca hanya bersifat sementara tanpa menimbulkan masalah. Artinya, kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai kondisi cuaca cerah dan channel kembali normal.

2. Perubahan Frekuensi

Perubahan frekuensi sering terjadi pada semua operator TV satelit. Provider biasanya memberikan informasi terlebih dahulu melalui teks berjalan pada layar.
Pergantian frekuensi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas layanan dengan menambahkan channel baru. Akibatnya, semua channel pada transporder lama secara otomatis akan hilang dan gelap total.

3. Decoder Bermasalah

Firmware decoder terkadang memiliki bug yang dapat menimbulkan masalah bahkan siaran hilang. Operator akan merilis update ke versi baru secara OTA (Over The Air) untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Selain itu, kebiasaan pengguna juga berdampak besar pada performa mesin STB Nex Parabola. Pastikan kamu mengoperasikan unit dengan benar mengacu pada buku manual resmi agar tahan lama.

4. Konektor Longgar

Jangan sampai channel Nex Parabola hilang akibat masalah sepele yaitu konektor longgar atau lepas. Ini akan terdeteksi saat kamu melihat kualitas dan intensitas sinyal pada layar menjadi nol persen.
Pastikan kamu mengencangkan setiap konektor dan hindari menggeser Decoder untuk menghindari resiko tersebut.

5. Dish Bergeser

Meskipun jarang terjadi, hujan lebat dan angin kencang sering membuat posisi dish parabola bergeser. Sedikit perubahan saja dapat menurunkan kualitas sinyal secara signifikan, bahkan sampai nol.
Akibatnya, semua siaran Nex Parabola hilang tanpa jejak yang akan membuat pengguna layanan merasa kesulitan.

6. LNB Rusak

LNB memiliki batas usia, di mana suatu saat bisa rusak karena terpapar panas dan hujan terus-menerus. Pemakaian dalam jangka waktu yang lama membuat material menjadi keropos bahkan berkarat.
LNB yang rusak juga akan terlihat pada indikator intensitas sinyal yang menjadi nol, serta menyebabkan siaran Nex Parabola hilang.

Cara Mencari Siaran Bola Di Nex Parabola

Bagi para penggemar sepak bola, Nex Parabola menjadi pilihan yang tepat untuk menonton siaran bola dari klub-klub terbaik di Eropa. Salah satu alasan utamanya adalah karena Nex Parabola menayangkan siaran langsung Liga Champions dan Liga Europa melalui channel Champion TV 1 dan Champion TV 2 secara eksklusif.

Untuk menikmati siaran bola tersebut, Anda perlu berlangganan paket olahraga yang disediakan oleh Nex Parabola. Paket olahraga ini mencakup channel Champions TV serta channel Nex Parabola yang menampilkan siaran-siaran olahraga lainnya. Beberapa paket olahraga yang disediakan oleh Nex Parabola antara lain:

NAMA PAKETMASA AKTIFHARGA
All Channel1 BulanRp169,000
Mola1 BulanRp109,000
Champions1 BulanRp69,000
Fox Sports1 BulanRp10,000
Bulutangkis1 BulanRp49,000
Family1 BulanRp49,000
Premium1 BulanRp109,000

Paket-paket yang telah disebutkan di atas tidak hanya memungkinkan Anda untuk menonton siaran bola dari Fox Sports, namun juga dapat digunakan untuk menonton siaran bola dari BRI Liga 1. Namun, perlu diingat bahwa untuk berlangganan paket-paket tersebut, Anda harus menggunakan receiver Nex Parabola.

Receiver Nex Parabola dapat diperoleh melalui toko-toko atau dealer Nex Parabola terdekat maupun melalui Online Shop. Oleh karena itu, kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa untuk menemukan siaran bola di Nex Parabola, Anda harus menggunakan receiver Nex Parabola dan berlangganan paket Champions serta paket olahraga lainnya.

Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang

Apabila terjadi siaran yang hilang pada Nex Parabola, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa metode yang bisa dicoba:

1. Cek Konektor

Periksa dengan seksama bagian pengkabelan apakah ada kabel yang terlipat atau terkelupas akibat tikus. Jika ditemukan kondisi tersebut, langsung ganti dengan kabel antena parabola yang baru.
Pastikan juga bahwa konektor terhubung dengan sempurna dengan Decoder dan kencangkan baut. Jika masalah terletak pada aspek ini, maka siaran Nex Parabola akan kembali normal.

2. Scan Ulang Decoder

Jika kondisi kabel dan konektor tidak bermasalah, pastikan layar televisi menampilkan intensitas sinyal. Kemungkinan frekuensi Nex Parabola mengalami perubahan dari provider.
Masuk ke pengaturan STB Nex Parabola sambil menginput parameter frekuensi Nex Parabola terbaru. Lalu, jalankan prosedur scan ulang agar siaran muncul dan daftar channel serta siaran kembali normal.

3. Putar Dish Parabola

Setelah melakukan update pengaturan pada Decoder, mungkin saja sinyal Nex Parabola tidak ditemukan. Masalah ini bisa terjadi akibat pergeseran posisi dish parabola meskipun sedikit.
Putar dish secara perlahan sampai mendapatkan sinyal minimum 65 persen. Dengan begitu, seluruh siaran Nex Parabola yang hilang akan kembali normal dan kamu bisa menonton acara.

4. Ganti LNB

Jika kamu masih tidak mendapatkan siaran setelah mencoba metode di atas, ganti bagian LNB menjadi solusi terakhir. Hal ini dapat dilihat pada indikator layar yang menunjukkan bahwa kondisi sinyal menunjukkan angka nol semua.
Ganti dengan LNB baru, lalu jalankan proses scan ulang pada STB Nex Parabola sehingga channel kembali normal.

Penutup

Demikianlah informasi exponesia.id mengenai cara mencari siaran Nex Parabola dan beberapa metode untuk mengatasi siaran yang hilang. Penting untuk diingat bahwa untuk menikmati siaran Nex Parabola dengan lancar, perangkat antena harus dalam kondisi yang baik dan terawat dengan baik.

Pastikan selalu memperhatikan kondisi kabel, konektor, dan posisi dish parabola agar sinyal Nex Parabola tetap stabil. Jika terjadi masalah, coba terapkan metode-metode yang telah disebutkan sebelum memanggil teknisi.

Dengan cara ini, kamu dapat menikmati siaran bola dari klub-klub terbaik Eropa dan program-program televisi favorit kamu dengan lancar dan tanpa hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *