Android TV Box

Cara Setting Android TV Box : Cocok Untuk Pemula

Diposting pada

Exponesia.id Cara Setting Android TV Box : Cocok Untuk Pemula. Pada era digital seperti sekarang, Android TV Box telah menjadi alternatif yang populer bagi mereka yang ingin menikmati hiburan televisi dengan cara yang lebih fleksibel. Namun, bagi sebagian orang, mengatur Android TV Box bisa menjadi tugas yang membingungkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat cara mengatur Android TV Box untuk memastikan Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang lebih baik.

Apa itu Android TV Box?

Android TV Box atau yang juga dikenal dengan sebutan Android streaming box adalah sebuah perangkat kotak yang menggunakan sistem operasi Android dan digunakan sebagai platform streaming di TV dari platform streaming online seperti Netflix, Hulu, dan lain sebagainya.

Selain digunakan untuk streaming, Android TV Box juga dapat digunakan sebagai home server software yang ditenagai oleh Plex, bermain game-game Android di TV, menggunakan ROM melalui emulator, dan berbagai keperluan streaming lainnya.

Dengan menggunakan Android TV Box, TV Anda dapat berfungsi seperti Smart TV built-in Android. Namun, penggunaan Android TV Box jauh lebih terjangkau secara biaya dibandingkan dengan membeli Smart TV built-in Android.

Cara Kerja Android TV Box

Untuk menghubungkan Android TV Box dengan TV Anda, caranya cukup mudah, sama seperti menghubungkannya dengan DVD player.

Anda hanya perlu menghubungkan Android TV Box ke TV dan kemudian menghubungkannya ke internet melalui koneksi Ethernet atau WiFi. Jika rumah Anda sudah memiliki WiFi, proses pengaturannya akan lebih cepat dan mudah.

Setelah Android TV Box terhubung dengan internet, Anda dapat memasang berbagai aplikasi Android, seperti aplikasi YouTube yang memungkinkan Anda memutar video langsung dari YouTube di TV Anda.

Karena Android adalah OS open-source dan gratis, pabrikan perangkat yang menggunakan OS ini dapat membuat perangkat dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Oleh karena itu, Android TV Box dapat diperoleh dengan harga kurang dari Rp1 juta dan tersedia di pasaran saat ini.

Fungsi Tombol Android TV Box

TV Box merupakan perangkat tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman menonton televisi berteknologi LED. Dengan menggunakan perangkat ini, kamu dapat merasakan pengalaman terhubung ke jaringan internet untuk menonton konten multimedia.

Sebelum mengoperasikan dan mengatur Android TV, setiap pemilik perlu mempelajari buku manual yang disediakan. Terutama mengenai arti tombol remote kontrol beserta port yang tersedia pada produk.

Berikut adalah fungsi tombol pada remote kontrol Android TV Box:

TombolFungsi
PowerMenghidupkan dan mematikan TV Box
MicrophoneMemberikan perintah melalui media suara
NavigasiMemudahkan memilih item dalam menu
EnterKonfirmasi perintah yang kamu entri
NetflixMembuka layanan netflix dengan mudah dan cepat
BackKembali ke menu sebelumnya
MenuTombol untuk masuk beranda dan menampilkan menu

Operasional remote Android TV Box sangat mudah karena hanya terdiri dari beberapa tombol saja. Selain itu, port sambungan pada perangkat ini juga lengkap untuk kemudahan konektivitas.

Setiap TV Box mungkin memiliki desain remote kontrol yang berbeda tergantung pada pihak pabrikannya. Namun, arti simbol dari tombol-tombol utama cenderung mirip dan dapat ditemukan dalam buku manual resmi.

Cara Setting Android TV Box

Mengatur Android TV Box terasa mudah jika kamu sudah memahami fungsi tombol-tombol pada remotenya. Pasalnya, ini menjadi bagian inti dari pengoperasian perangkat tersebut setiap kali kamu ingin menonton konten.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatur sistem pada Android TV:

1. Pairing Remote

Langkah awal dalam menggunakan Android TV dengan lancar adalah mengatur remote kontrol. Karena tidak mungkin kamu mengoperasikan perangkat ini hanya dengan tombol manual yang merepotkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur remote kontrol pada Android TV:

  • Masukkan baterai ke dalam remot kontrol asli TV Box.
  • Hidupkan Android TV Box bersama dengan televisi berteknologi LED.
  • Akan muncul tampilan awal sistem untuk tahap pengaturan remote.
  • Tekan tombol pada remote kontrol sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar televisi.
  • Remote kontrol akan terhubung dan siap untuk digunakan.

2. Setup TV Box

Setelah berhasil menghubungkan remote kontrol dengan Android TV, kamu perlu melakukan pengaturan sistem. Proses ini hanya dilakukan sekali saja untuk menentukan bahasa sistem, jaringan WiFi, dan akun Google Play Store.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan setup sistem pada Android TV:

  • Pastikan remote kontrol sudah berhasil pairing dengan Android TV.
  • Layar televisi akan menampilkan setup terpadu.
  • Pilih bahasa Indonesia untuk pengoperasian unit.
  • Sorot jaringan WiFi yang tersedia di lokasi kamu.
  • Masukkan akun Play Store setelah terhubung ke internet.
  • Proses setup Android TV Box selesai tanpa kendala.

3.Setting Aplikasi

Setelah proses setup awal berhasil, Android TV akan menampilkan halaman dashboard utama. Halaman ini berisi beberapa aplikasi yang sudah terpasang dan ikon pengaturan untuk memudahkan pengoperasian.

Terkadang, pemilik produk ingin menginstal, menghapus, atau memperbarui aplikasi tertentu. Kamu dapat melakukan pengaturan tersebut dengan mudah melalui layanan Google Play Store yang tersedia.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengaturan aplikasi pada Android TV:

  • Buka tampilan dashboard dari Android TV Box.
  • Pastikan sudah terhubung ke internet dan login ke akun.
  • Cari dan buka ikon Google Play Store pada dashboard.
  • Kamu dapat melakukan instalasi, penghapusan, atau pembaruan aplikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box

Sebelum membeli dan menggunakan Android TV Box, penting untuk mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini.

Kelebihan Android TV Box

  • Dapat menambahkan HDD eksternal atau micro SD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.
  • Memungkinkan mengubah HDD eksternal menjadi HDD wireless melalui aplikasi khusus sehingga mudah diakses dengan laptop atau perangkat lainnya.
  • Memungkinkan menonton streaming film dengan lebih lama dan nyaman karena memiliki desain seperti TV digital lainnya.
  • Dibekali dengan port LAN yang terhubung dengan internet sehingga memungkinkan penggunaan TP link.
  • Cocok untuk kegiatan nobar karena dapat digunakan dengan proyektor yang diinput HDMI.
  • Tidak memerlukan baterai karena sudah dilengkapi dengan adaptor untuk power supply.

Kekurangan Android TV Box

  • Membutuhkan layar televisi sebagai tampilan dalam proses pengaplikasiannya sehingga perlu membiasakan diri.
  • Ada banyak merk Android TV Box yang beredar di pasaran, namun belum banyak dikenal seperti smartphone sehingga sulit untuk menemukan merk terbaik dan berkualitas tanpa mencari review dari pengguna lain terlebih dahulu.

Penutup

Demikianlah panduan cara setting Android TV Box exponesia.id yang dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan pengalaman menonton konten multimedia melalui televisi berteknologi LED.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatur sistem Android TV dengan mudah dan menyeluruh.

Pastikan juga untuk selalu mempelajari buku manual dan memahami fungsi tombol-tombol pada remote kontrol sebelum mengoperasikan perangkat ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggunakan Android TV Box dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *