Cara Instal Aplikasi Di Android TV Box

Cara Instal Aplikasi Di Android TV Box : Panduan Terbaru

Diposting pada

Exponesia.id – Cara Instal Aplikasi Di Android TV Box : Panduan Terbaru. Android TV Box menjadi salah satu perangkat yang sangat populer saat ini. Dengan menggunakan Android TV Box, Anda dapat menikmati berbagai konten multimedia seperti film, acara TV, game, dan lain sebagainya di layar televisi dengan kualitas yang lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa menginstal berbagai aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, bagaimana cara menginstal aplikasi di Android TV Box? Simak pembahasan  Cara Instal Aplikasi Di Android TV Box berikut ini untuk mengetahui caranya.

Apa itu Android TV Box?

Android TV Box, juga dikenal sebagai Android streaming box, adalah perangkat berbentuk kotak yang menggunakan sistem operasi Android dan umumnya digunakan sebagai platform streaming di televisi melalui platform streaming online seperti Netflix, Hulu, dan lainnya.

Tidak hanya digunakan untuk streaming, Android TV Box juga banyak dimanfaatkan sebagai home server software yang menggunakan Plex, memainkan game Android di TV, menggunakan ROM melalui emulator, serta untuk keperluan streaming lainnya.

Dengan menggunakan Android TV Box, televisi Anda dapat berfungsi seperti Smart TV built-in Android. Namun, penggunaan Android TV Box jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli Smart TV built-in Android.

Cara Kerja Android TV Box

Pastikan untuk menghubungkan Android TV Box ke televisi seperti halnya menghubungkannya dengan DVD player.

Android TV Box hanya perlu dihubungkan ke televisi dan terhubung ke internet melalui koneksi kabel Ethernet atau WiFi. Jika rumah Anda sudah memiliki WiFi, proses pengaturan akan lebih cepat dan mudah.

Setelah Android TV Box terhubung ke internet, Anda dapat memasang berbagai aplikasi Android, seperti aplikasi YouTube yang memungkinkan Anda memutar video langsung dari YouTube di televisi.

Karena Android merupakan sistem operasi yang open-source dan gratis, pabrikan dapat membuat perangkat yang ditenagai oleh OS ini dengan harga yang jauh lebih murah di pasaran.

Oleh karena itu, Android TV Box dapat diperoleh dengan harga kurang dari Rp1 juta dan mudah ditemukan di pasaran saat ini.

Ketentuan Instal Aplikasi Android TV

Android TV Box memiliki sistem operasi yang memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dan game. Ini memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai piranti lunak pihak ketiga sesuai dengan kebutuhan mereka.

Potensi fleksibilitas Android TV Box memungkinkannya untuk digunakan dalam berbagai aktivitas, seperti pekerjaan, streaming multimedia, dan bermain game secara online.

Namun, penginstalan aplikasi pada Android TV harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Hal ini penting untuk mencegah risiko kerusakan pada sistem karena beberapa piranti lunak dapat berbahaya.

Berikut adalah beberapa ketentuan umum untuk menginstal aplikasi di Android TV:

  • Prioritaskan mencari dan menginstal aplikasi dari Google Play Store.
  • Pastikan aplikasi yang akan diinstal aman dan terpercaya.
  • Pasang hanya beberapa aplikasi dan game penting saja.

Ingat bahwa sumber daya pada Android TV terbatas dan dapat mempengaruhi kenyamanan operasional perangkat. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menginstal aplikasi yang dibutuhkan agar tidak membebani sistem.

Cara Instal Aplikasi di Android TV Box

Mungkin saja Anda baru saja membeli sebuah unit TV Box untuk meningkatkan televisi lama Anda. Pada awal pengoperasian, tersedia beberapa aplikasi bawaan yang cukup dasar.

Namun, Anda dapat menginstal aplikasi Android TV sendiri melalui dua metode berikut:

1. Instal Aplikasi dari Play Store

Metode yang paling umum digunakan untuk menginstal aplikasi di Android TV Box adalah melalui layanan Play Store. Cara ini mirip dengan penggunaan smartphone yang memerlukan login akun Google.

  • Pastikan Android TV terpasang dengan benar.

  • Nyalakan TV LED beserta Android TV Box.
  • Pastikan perangkat terhubung ke internet.
  • Tekan tombol home pada remote untuk akses dashboard.
  • Cari dan buka icon Play Store pada layar televisi.
  • Beragam aplikasi dan game tersedia.
  • Cari nama aplikasi yang ingin diinstal, contohnya Netflix.
  • Tekan opsi instal dan tunggu hingga pengunduhan selesai.
  • Sistem akan melakukan proses pemasangan secara otomatis.
  • Setelah selesai, aplikasi yang diinstal akan muncul di dashboard.

2. Instal Aplikasi dari USB

Selain melalui Play Store, Anda dapat memasang beragam aplikasi Android TV secara manual. Cukup sediakan ekstensi file berekstensi “apk” dan proses ini tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

  • Nyalakan Android TV Box dan TV LED.
  • Akses dashboard melalui tombol home pada remote kontrol.
  • Tekan ikon pengaturan untuk masuk ke konfigurasi sistem.
  • Cari opsi keamanan dan batasan (tergantung tipe produk).
  • Aktifkan sumber tidak dikenal untuk instalasi manual.
  • Download file instalasi aplikasi berformat apk dari komputer.
  • Simpan file aplikasi tersebut pada media flash drive.
  • Hubungkan flash drive ke port USB pada Android TV Box.
  • Buka file manager dari Android TV Box dan cari folder aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin diinstal dari folder USB tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

Tips Sebelum Membeli Android TV Box

Berikut beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan saat memilih Android TV Box:

1. Kesesuaian Aplikasi

Kesesuaian aplikasi adalah kunci utama dari perangkat Android TV. Televisi Anda harus dapat menjalankan berbagai aplikasi yang dipasang menggunakan Android TV Box tertentu dan berjalan dengan lancar tanpa sering mengalami crash.

Aplikasi streaming atau game memiliki kompatibilitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, carilah perangkat TV Box yang dapat menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan baik dan lancar.

2. Pemasangan

Dalam hal pemasangan dan pengaturan awal, Android TV Box memiliki tingkatan yang berbeda-beda.
Pertimbangkan seberapa besar usaha dan tenaga yang ingin Anda keluarkan untuk memasangnya ke televisi Anda, serta mengatur pengaturan lainnya agar bisa berjalan semestinya.

Pengaturan lain seperti kualitas gambar pada saat streaming (HD, 4K hingga 8K), kualitas suara, kecepatan pergerakan frame pada grafis, dan sebagainya dapat diatur secara manual.

Namun, apakah Anda siap untuk mengaturnya sendiri? Ini harus dipertimbangkan dengan baik karena masing-masing Android TV Box memiliki pengaturan bawaan yang berbeda-beda.

3. Prosesor

Prosesor merupakan elemen penting dari sebuah perangkat, termasuk TV Box.
Terdapat prosesor yang kuat namun boros energi, dan sebaliknya, ada juga yang lebih hemat energi namun performanya cenderung lemah.

Pelajari lebih lanjut mengenai prosesor ARM big.LITTLE, DynamIQ, dan Tegra X1. Ketiganya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Tegra X1 umum digunakan oleh Nvidia Shield TV dan Nintendo Switch.

Sementara itu, DynamIQ memungkinkan konfigurasi big.LITTLE dengan menggunakan hingga delapan core CPU pada satu cluster komputasi.

Namun, yang pasti adalah semakin kuat sebuah prosesor, semakin mampu ia untuk menjalankan video streaming dengan kualitas gambar yang lebih tinggi dan mampu menjalankan berbagai jenis game Android.

Penutup

Itulah dua cara exponesia.id yang dapat Anda lakukan tentang cara instal aplikasi di android TV box. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa menikmati berbagai aplikasi sesuai kebutuhan Anda di layar televisi dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa, pastikan perangkat terhubung ke jaringan internet dan pilihlah aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi Android TV Box Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *