Bacaan Sholawat Mudhoriyah

Bacaan Sholawat Mudhoriyah : Arab, Latin dan Terjemahan

Posted on

Exponesia.id –  Bacaan Sholawat Mudhoriyah : Arab, Latin dan Terjemahan. Dalam setiap perjalanan rohaniah, manusia sering kali mencari kekuatan dan ketenangan melalui berbagai bentuk ibadah. Salah satu bentuk ibadah yang memiliki keindahan tersendiri adalah membaca sholawat. Di antara banyak bacaan sholawat yang dikenal, Sholawat Mudhoriyah menjadi pilihan yang kian populer di kalangan umat Islam.

Sholawat Mudhoriyah bukan sekadar rangkaian kata-kata yang diucapkan, melainkan sebuah doa dan pujian yang membawa makna mendalam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kekhususan Bacaan Sholawat Mudhoriyah, menyelami maknanya, dan mengungkap bagaimana keindahannya mampu memberikan kebahagiaan dan ketenangan pada hati yang merenung.

Mari kita bersama-sama menjelajahi keagungan Bacaan Sholawat Mudhoriyah, memahami esensi dari setiap kalimat yang terucap, dan merenungi keajaiban spiritual yang terkandung di dalamnya.

Tentang Sholawat Mudhoriyah

Sholawat Mudhoriyah adalah sebuah bacaan qasidah yang dihasilkan oleh Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al-Bushiri, yang lebih dikenal sebagai Imam Bushiri. Imam Bushiri juga terkenal sebagai penulis Sholawat Burdah, sebuah karya syair pujian terkenal kepada Nabi Muhammad SAW.

Pemberian nama “Sholawat Mudhoriyah” dikaitkan dengan sebutan “Mudhor” yang merujuk pada sosok Nabi Muhammad SAW. “Mudhor” sendiri memiliki arti sosok yang cerdas dan pemberani. Sebagaimana dengan Sholawat Burdah, Sholawat Mudhoriyah juga disusun dalam bentuk syair yang indah, memancarkan keindahan dalam setiap barisnya. Bacaan ini mengandung makna luar biasa, menginginkan agar limpahan rahmat Allah SWT senantiasa mengalir kepada pengamalnya. Pentingnya membaca sholawat dan meneladani perjalanan hidup Rasulullah merupakan fokus utama dari bacaan ini.

Selain itu, keutamaan bagi para pengamal Sholawat Mudhoriyah juga dijelaskan dalam kitab Bughyah Al-‘Ibadah wa Al Aurad Syarah Ratib Qutbul Zamani Al-Haddad karya Al-Habib Alwi bin Ahmad Al-Haddad. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa ketika Imam Al-Bushiri menulis sholawat ini di tepi pantai, ada pengalaman luar biasa yang terjadi. Saat mencapai syair yang berbunyi “Tsummash sholatu ‘alal-mukhtarima thola’at, syamsun-nahari wa ma qad sya’sya’al qamaru,” tiba-tiba seorang laki-laki muncul dari tengah laut, berlari di atas air, dan memberi instruksi untuk menghentikan sholawat sampai bait tersebut. Laki-laki tersebut menyampaikan bahwa para malaikat yang mencatat keutamaan pahala sholawat telah lelah karena keindahan dan keutamaan sholawat ini.

Imam Al-Bushiri dengan tunduk dan penuh rasa hormat langsung menghentikan sholawatnya dan menutupnya dengan doa permohonan ridha Allah untuk keluarga Rasulullah SAW dan para Sahabatnya. Semoga kita semua termasuk dalam golongan yang rajin mengamalkan sholawat, dan semoga kita juga mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Sholawat Mudhoriyah

Berikut adalah Bacaan Sholawat Mudhoriyah yang bisa kalian ketahui  secara lengkap :

A. Teks Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

يَارَبِّ صَلِّ عَلَى الْمُخْتَارِمِنْ مُضَرِوَاْلأَنْبِيَاوَجَمِيْعِ الرُّسُلِ مَادُكِرُوْا
وَصَلِّ رَبِّ عَلَى الْهَادِي وَشِيْعَتِهِ وَصَحْبِهِ مَنْ لِطَيِّ الدِّيْنِ قَدْ نَشَرُوْا
وَجَاهَدُوْا مَعَهُ فِي اللهِ وَاجْتَهَدُوْا وَهَاجَرُوْاوَلَهُ اَوَوْاوَقَدْنَصَرُوْا
وَبَيَّنُواالْفَرْضَ وَالْمَسْنُوْنَ وَاعْتَصَبُوْا لِلهِ وَاعْتَصَمُوْابِاللهِ فَانْتَصَرُوْا

أَزْكَى صَلَاةٍ وَأَنْمَاهَاوَأَشْرَفَهَا يُعَطِّرُالْكَوْنَ رَيًّانَشْرِهَاالعَطِرُ
مَعْبُوْقَةً بِعَبِيْقِ الْمِسْكِ زَاكِيَةً مِنْ طِيْبِهَاأَرَجُ الرِّضْوَانِ يَنْتَشِرُ
عَدَّالْحَصَى وَالشَّرَى وَالرَّمْلِ يَتْبَعُهَا نَجْمُ السَّمَاوَنَبَاتُ اْلأَرْضِ وَالْمَدَرُ
وَعَدَّوَزْنِ مَثَاقِيْلِ الْجِبَالِ كَمَا يَلِيْهِ قَطْرُجَمِيْعِ الْمَاءِوَالْمَطَرُ
وَعَدَّمَاحَوَتِ الْأَشْجَارُمِنْ وَرَقٍ وَكُلِّ حَرْفٍ غَدَايُتْلَى وَيُسْتَطَرُ
وَالْوَحْشِ وَالطَّيْرِوَاْلأَسْمَاكِ مَعْ نَعَمٍ يَلِيْهِمُ الْجِنُّ وَاْلأَمْلَاكَ وَاْلبَشَرُ
وَالدَّرُّوَالنَّمْلُ مَعْ جَمْعِ الْحُبُوْبِ كَدَا وَالشَّعْرُوَالصُّوْفُ وَاْلأَرْيَاشُ وَالْوَبَرُ
وَمَاأَحَاطَ بِهِ الْعِلْمُ الْمُحِيْطُ وَمَاجَرَى بِهِ الْقَلَمُ الْمَأْمُوْرُوَالْقَدَرُ
وَعَدَّنَعْمَائِكَ اللَّاتِي مَنَنْتَ بِهَاعَلَى الْخَلَائِقِ مُدْكَانُوْاوَمُدْحُشِرُوْا
وَعَدَّمِقْدَارِهِ السَّامِي الَّدِي شَرُفَتْ بِهِ النَّبِيُّوْنَ وَالأَمْلَاكُ وَافْتَخَرُوا
وَعَدَّمَاكَانَ فِي اْلأَكْوَانِ يَاسَنَدِي وَمَايَكُوْنُ إِلَى أَنْ تُبْعَثَ الصُّوَرُ
فِي كُلِّ طَرْفَةِ عَيْنٍ يَطْرِفُوْنَ بِهَاأَهْلُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِيْنَ أَوْيَدَرُ
مِلْءَالسَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِيْنَ مَعَ جَبَلٍ وَالْفَرْشِ وَالْعَرْشِ وَالْكُرْسِي وَمَاحَصَرُوْا
مَاأَعْدَمَ اللهُ مَوْجُوْدًاوَأَوْجَدَمَعْ دُوْمًاصَلَاةًدَوَامًالَيْسَ تَنْحَصِرُ
تَسْتَغْرِقُ الْعَدَّمَعْ جَمْعِ الدُّهُوْرِكَمَا تُحِيْطُ بِالْحَدِّلاَتُبْقِيْ وَلاَتَدَرُ
لَاغَايَةً وَانْتِهَاءًيَاعَظِيْمُ لَهَاوَلَالَهَاأَمَدٌيُقْضَى فَيُعْتَبَرُ
وَعَدَّأَضَعَافِ مَاقَدْمَرَّمِنْ عَدَدٍمَعْ ضِعْفِ أَضْعَافِهِ يَامَنْ لَهُ الْقَدَرُ
كَمَاتُحِبُّ وَتَرْضَى سَيِّدِي وَكَمَاأَمَرْتَنَاأَنْ نُصَلِىَّ أَنْتَ مُقْتَدِرُ
مَعَ السَّلَامِ كَمَاقَدْمَرَّمِنْ عَدَدٍرَبِّي وَضَاعِفْهُمَاوَالْفَضْلُ مُنْتَشِرُ
وَكُلُّ دَلِكَ مَضْرُوْبٌ بِحَقِّكَ فِي أَنْفَاسِ خَلْقِكَ إِنْ قَلُّوْاوَإِنْ كَثُرُوْا
يَارَبِّ وَاغْفِرْلِقَارِيْهَاوَسَامِعِهَاوَالْمُسْلِمِيْنَ جَمِيْعًاأَيْنَمَاحَضَرُوْا
وَوَالِدِيْنَاوَأَهْلِيْنَاوَجِيْرَتِنَاوَكُلُّنَاسَيِّدِي لِلْعَفْوِمُفْتَقِرُ
وَقَدْأَتَيْتُ دُنُوْبًالَاعِدَادَلَهَالَكِنَّ عَفْوَكَ لَايُبْقِي وَلَايَدَرُ
وَالْهَمُّ عَنْ كُلِّ مَاأَبْغِيْهِ أَشْغَلَنِيْ وَقَدْأَتَى خَاضِعًاوَالْقَلْبُ مُنْكَسِرُ
أَرْجُوْكَ يَارَبِّ فِي الدَّارَيْنِ تَرْحَمُنَابِجَاهِ مَنْ فِي يَدَيْهِ سَبَّحَ الْحَجَرُ
يَارَبِّ أَعْظِمْ لَنَاأَجْرًاوَمَغْفِرَةً فَإِنَّ جُوْدَكَ بَحْرٌلَيْسَ يَنْحَصِرُ
وَاقْضِ دُيُوْنًالَهَااْلأَخْلَاقُ ضَائِقَةٌ وَفَرِّجِ الْكَرْبَ عَنَّاأَنْتَ مُقْتَدِرُ
وَكُنْ لَطِيْفًابِنَافِي كُلِّ نَازِلَةٍ لُطْفًاجَمِيْلًا بِهِ اْلأَهْوَالُ تَنْحَسِرُ
بِالْمُصْطَفَى الْمُجْتَبَى خَيْرِاْلأَنَامِ وَمَنْ جَلَالَةً نَزَلَتْ فِي مَدْحِهِ السُّوَرُ
ثُمَّ الصَّلَاةُ عَلَى الْمُخْتَارِمَاطَلَعَتْ شَمْسُ النَّهَارِوَمَاقَدْشَعْشَعَ اْلقَمَرُ
ثُمَّ الرِّضَاعَنْ أَبِى بَكْرٍخَلِيْفَتِهِ مَنْ قَامَ مِنْ بَعْدِهِ لِلَّدِيْنِ يَنْتَصِرُ
وَعَنْ أَبِيْ حَفْصٍ الْفَارُوْقِ صَاحِبِهِ مَنْ قَوْلُهُ الْفَصْلُ فِي أَحْكَامِهِ عُمَرُ
وَجُدْلِعُثْمَانَ دِيْ النُّورَيْنِ مَنْ كَمُلَتْ لَهُ الْمَحَاسِنُ فِي الدَّارَيْنِ وَالظَّفَرُ
كَدَاعَلِيٌ مَعَ ابْنَيْهِ وَأُمِّهِمَاأَهْلُ الْعَبَاءِ كَمَا قَدْجَاءَنَاالْخَبَرُ
كَدَاخَدِيْجَتُنَاالْكُبْرَى الَّتِي بَدَلَتْ أَمْوَالَهَالِرَسُوْلِ اللهِ يَنْتَصِرُ
وَاللطَّاهِرَاتُ نِسَاءُالْمُصْطَفَى وَكَدَابَنَاتُهُ وَبَنُوْهُ كُلَّمَادُكِرُوْا
سَعْدٌسَعِيْدُابْنُ عَوْفٍ طَلْحَةٌ وَأَبُوْ عُبَيْدَةً وَزُبَيْرٌسَادَةٌ غُرَرُ
وَحَمْزَةٌ وَكَدَاالْعَبَّاسُ سَيِّدُنَاوَنَجْلُهُ الْحَبْرُمَنْ زَالَتْ بِهِ الْغِيَرُ
وَاْلاَلُ وَالصَّحْبُ وَاْلأَتْبَاعُ قَاطِبَةً مَاجَنَّ لَيْلُ الدَّيَا جِيْ أَوْبَدَاالسَّحَرُ
مَعَ الرِّضَامِنْكَ فِيْ عَفْوٍوَعَافِيَةٍ وَحُسْنِ خَاتِمَةٍ إِنْ يَنْقَضِي الْعُمْرُ

B. Teks Latin Sholawat Mudhoriyah

Bismillahirrahmanirrahim

Ya rabbi shalli’alal-mukhtari min mudharin. Wal-anbiya wa jami’irusli madzu-kiru.
Wa shalli rabbi’alal-hadi wa syi’atihi, Wa shabihi man lithayyid-dini qad nasyaru.
Wa jahadu ma’ahu fillahi waj-tahadu. Wa hajaru wa lahu awaw wa qad nasharu.
Wa bayyanul-fardha wal-masnuna wa’tashabu. Lillahi wa’tashamu billahi fantasharu.
Azka shalatin wa anmaha wa asyrafaha. Yu’athirul-kauna rayyan nasyrihal-‘athiru.
Ma’buqatan bi’abiqil-miski zakiya-tan. Min thibiha arajur-ridwani yantasyiru.
‘Addal-hasha wats-tsara war-ramli yatba’uha. Najmus-sama wa nabatul-ardhi wal-madaru.
Wa’adda wazni matsaqilil-jibali kama. Yalihi qathru jami’il-ma’i wal matharu.
Wa’adda ma hawatil-asyjaru min waraqin. Wa kulli harfin ghada yutla wa yus-tatharu.
Wal-wahsyi wath-thairi wal-asmaki ma’ na’amin. Yalihimul-jinnu wal-amlaku wal-basyaru.
Wadz-dzaru wan-namlu ma’jam’il hububi kadza. Wasy-sya’ru wash-shufu wal-arya-syu wal-wabaru.
Wa ma ahatha bihil-ilmul-muhithu wa ma. Jara bihil-qalamul-ma’muru wal-qadaru.
Wa’adda na’ma-ikal lati mananta biha. ‘ALal-khala-iqi mudz kanu wa mudz husyiru.
Wa ‘adda miqdarihis-samil-ladzi syarufat. Bihin-nabiyyuna wal-amlaku wafta-kharu.
Wa ‘adda ma kanna fil-akwani ya sanadi. Wa ma yakunu ila an tub’atsash-shuwaru.
Fi kulli tharfati ‘ainin yathrifuna biha. Ahlus-samawati wal-ardhina au yadzaru
Mil-as-samawati wal-ardhina ma’a-jabalin. Wal-farsyi wal-‘arsyi wal-kursiy wa ma hasharu.
Ma-a’damallahu maujuda wa auja-da ma’. Duman shalatan dawaman laisa tan hashiru
Tastaghriqul-‘adda ma’ jam’id-duhuri kama. Tuhithu bil-haddi la tubqi wa la tadzaru.
La ghayatan wantiha’an ya ‘azhimu laha. Wa la laha amadun yuqdha fayu’tabaru
Wa ‘adda adh’afi ma qad marra min ‘adadin. Ma’ dhi’fi adh’afihi ya man lahul-qadaru
Kama tuhibbu wa tardha sayyidi wa kama. Amartana an nushalliya anta muqtadiru
Ma’as-salami kama qad marra min ‘adadin. Rabbi wa dha’ifhuma wal-fardhlu muntasyiru.
Wa kullu dzalika madhrubun bihaqqika fi. Anfasi khalqika in qallu wa in katsuru.
Ya Rabbi waghfir liqariha wa sami’iha. Wal-muslimina jami’an ainama hadharu.
Wa walidina wa ahlina wa jiritana. Wa kulluna sayyidi lil-afwi muftaqiru.
Wa qad ataitu dzunuban la ‘idada laha. Lakinna ‘afwaka la yubqi wa la yadzaru.
Wal-hammu ‘an kulli ma abghihi asyghalani. Wa qad ata khadi’an wal-qalbu munkasiru.
Arjuka ya Rabbi fid-daraini tarhamuna. Bijahi man fi yadaihi sabbahal-hajaru.
Ya Rabbi a’zhim lana ajran wa magh-firatan. Fa inna judaka bahrun laisa yanhashiru.
Waqdhi duyunan lahal-akhlaqu dha-iqatun. Wa farrijil-karba ‘anna anta muqtadiru.
Wa kun lathifan bina fi kulli nazilatin. Luthfan jamilan bihil-ahwalu tanhasiru.
Bil-mushthafal-mujtaba kahiril-anami waman. Jalalatam nazalat fi madhihis-suwaru.
Tsummash-shalatu ‘alal-mukhtari ma thala’at. Syamsun-nahari wama qad sya’sya’al qamaru.
Tsummar-ridha ‘an abi bakrin khalifatihi. Man qama min ba’dihi liddini yantashiru.
Wa ‘an abi hafshil-faruqi shahibihi. Man qauluhul-fashlu fi ahkamihi ‘umaru.
Wa jud li ‘utsmana dzin-nuraini man kamulat. Lahul-mahasinu fid-daraini wazh-zhafaru.
Kadza ‘aliyyun ma’abnaihi wa ummihima. Ahlul-‘aba’i kama qad ja’anal-khabaru
Khadza khadijatunal-kubrallati badzalat. Amwalaha lirasulollahi yantashiru
Wath-thahiratu nisa-ul-musthafa wa kadza. Banatuhu wa banuhu kullama dzukiru.
Sa’dun sa’idubnu ‘sufin thalhstun wa abu. ‘Ubaidata wa zubairun sadatun ghuraru.
Wa Hamzatun wa kadzal-‘abbasu sayyiduna. Wanajluhul-habru man zalat bihil-ghiyaru
Wal-alu wash-shahbu wal-atba’u qathi-batan. Ma janna lailud-dayaji au badas-saharu
Ma’ar-ridha minka fi ‘afwin wa ‘afiatin. Wa husni khatimatin in yanqadhil-‘umru.

C. Arti Sholawat Mudhoriyah

“Wahai Tuhanku,limpahkanlah rahmat-Mu untuk nabi pilihan dari
suku Muhdar, juga untuk seluruh nabi dan rasul yang telah lalu”
“Shalawat-Mu, wahai Tuhanku,atas nabi pembawa hidayah beserta
seluruh pengikut dan shabatnya yang telah berjasa menyebarluaskan
agama ini”
“Yang telah ikut berjihad dan berijtihad bersama beliau, juga yang
ikut hijrah, dan yang memberi tempat singgah serta memenangkan
misi Beliau”
“Yang telah menerangkan hukum wajib dan sunah secara bersatu
padu, berupaya tanpa pamrih, dan berpegang teguh pada agama
Allah hingga mereka mendapatkan kemenangan”
“Yaitu shalawat-Mu yang suci sesuci2-nya,sebanyak-banyaknya,
dan semulia- semulianya, yang menebarkan harum semerbak di
seluruh alam semesta”
“Keharuman yang bercampur dengan misik kesturi yang mahal,
yang aromanya tersebar luaslah keridloan-Mu”
“Sebanyak jumlah batuan, pasir beserta debunya, juga sebanyak
bintang gemintang di langit, tanaman, dan kerikil di bumi”
“Dan sejumlah beratnya timbangan gunung-gunung, sejumlah
seluruh tetesan air yang mengalir dan air hujan”
“Juga sejumlah dedaunan yang terdapat di pepohonan,sebanyak
semua huruf yang terbaca oleh lisan dan tertulis oleh pena”
“Sebanyak jenis dan jumlah binatang liar, burung, ikan dan hewan
ternak. Juga sejumlah jin, malaikat dan manusia”
“Sebanyak jumlah partikel atom, semut dan semua jenis biji-bijian,
juga sejumlah helai rambut manusia, hewan, dan bulu segala jenis
binatang”

“Seluas kandungan ilmu Allah tentang makhluk dan apa yang ditulis
qalam (pena) yang memuat suratan takdir”
“Sebanyak nikmat-nikmat-Mu, yang telah Engkau karuniakan
kepada semua makhluk-Mu yang dahulu dan yang akan datang”
“Setinggi jumlah derajat yang di capai oleh masing-masing nabi dan
malaikat yang mulia, dengan maqam tersebut”
“Sebanyak apa yg pernah ada kemudian tiada di alam jagat raya,
dan apa yang masih ada maupun yang akan ada sampai kiamat”
“Sebanyak kedipan mata yang digerakan oleh setiap penduduk
langit dan penghuni bumi”
“Sepenuh isi langit dan bumi, gunung dan hamparan, dan seluas
arsy, kursy, dan semua yang terdapat di dalamnya”
“Yang terus-menerus tiada henti selama Allah meniadakan yang
ada dan mengadakan yang tiada, dengan berkelanjutan tanpa
batas”
“Yang melampaui batas tanpa hitungan, dan menembus seluruh
zaman, yang terus berjalan menjangkau apapun tanpa menyisakan”
“Yang tak berujung, tak berpangkal & tak kenal habis, wahai Dzat
Yang Maha Agung, Yang tak mengenal batas waktu hingga tak bisa
dikira-kira”
“Sebanyak jumlah kelipatan jumlah tersebut, ditambah kelipatan dari
kelipatan tsb, Wahai Dzat Yang Maha Kuasa melakukan segala
sesuatu”
“Seperti yang Engkau sukai dan ridloi, seperti Shalawat yang
Engkau perintahkan kepada kami, Engkaulah Yang Maha Kuasa”
“Beserta salam sebanyak bilangan di atas, ya Rabbi. gandakan nilai
bilangan shalawat kami seterusnya. Anugerah-Mu tak terbatas”

“Dan setiap shalawat serta salam tersebut dikalikan dgn jumlah
seluruh napas makhluk-Mu, baik yg sedikit maupun yang banyak”
“Wahai Tuhanku, hapuskanlah dosa orang-orang yang membaca
shalawat ini, juga orang yang mendengarnya dan semua muslimin
dimanapun mereka berada”
“Juga kedua orang tua kami, tetangga kami. Dan kami semua,
oh Tuhan, sangat membutuhkan ampunan-Mu”
“Sungguh, aku telah melakukan dosa yang tidak terhitung
jumlahnya, namun luasnya ampunan-Mu dapat menghapus dosa
sampai tak tersisa”
“Kepayahan dalam usaha mencari apa yang kuharapkan telah
menyita banyak waktuku, sekarang aku datang bersimpuh di
hadapan-Mu dalam kehinaan”
“Tuhanku, aku mohon agar Kau mengasihi kami didunia & akhirat
dengan kemuliaan orang yang batu bertasbih di tangannya
(Rasulullah Saw) ”
“Ya Tuhanku, besarkan dan limpahkan untuk kami pahala serta
ampunan-Mu, karena kemurahan-Mu bagai lautan tak bertepi”
“Dan lunaskan hutang-hutang kami, yang membuat ruang gerak
kami menjadi sempit, bebaskan dari kesulitan yg menimpa kami,
Engkau Maha kuasa”
“Dan kasihanilah kami pada setiap bencana yang melanda, karena
dengan kasih-Mu segala yang menakutkan itu akan sirna”
“Dengan kemuliaan Al-Mushthafa Al-Mujtaba (Rasulullah), sebaikbaik manusia, yang telah turun ayat suci berisi pujian dan sanjungan
terhadap Rasulullah”
“Kemudian sholawat dan salam selalu terlimpah untuk Al-Mukhtar
(Yang Terpilih), selama matahari masih terbit dan rembulan masih
memancarkan sinarnya”

“Kami memohon pula ridho-Mu utk Khalifah Abu Bakar, yang telah
berjasa mengemban misi agama ini setelah Beliau (Rasul Saw)
tiada hingga berhasil”
“Begitu pula untuk Sayidina Abu Hafsh Al-Faruq Umar bin Khathab,
orang yang perkataannya terkenal selalu benar dan yang tegas
dalam berhukum”
“Juga untuk Sayidina Utsman bin Affan Dzun-Nurain (orang yang
memiliki dua cahaya), yang memiliki kebaikan dan kemenangan
sempurna dunia dan akhirat”
“Juga untuk Sayidina Ali serta kedua putranya & ibunya (Sayidah
Fatimah), Ahlul-Aba (keluarga dlm pelukan kasih sayang Nabi)
sebagaimana yang disebutkan dalam hadist”
“Begitu pula untuk Sayidatina Khodijah Al-Kubra, wanita yang
mengorbankan hartanya untuk dakwah Rasulullah hingga Beliau
meraih kemenangan”
“Dan para wanita suci, istri-istri Nabi Al-Musthafa, juga untuk putra
dan putri beliau selama mereka dikenang”
“Juga kepada Sa’ad bin Abi Waqas, Sa’id bin Jubair, Abdurahman
bin Auf, Thalhah bin Ubaidillah, Abu Ubaidah bin Jarrah dan Zubair
bin Awwam, pemimpin-pemipin yang berwibawa”
“Begitu jg untuk Sayidina Hamzah dan Sayidina Abbas dan putranya
(Abdullah bin Abbas), seorang ulama yang dapat selesaikan
berbagai masalah sesulit apapun”
“Dan untuk keluarga, sahabat, dan pengikutnya
selama malam masih beredar, atau selama fajar
masih menyingsing”
” (Semua itu) beserta keridhaan, ampunan serta
kesejahteraan dari-Mu, dan semoga khusnul
khatimah dapat tercapai menjelang ajal nanti”

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Bacaan Sholawat Mudhoriyah tidak hanya sekadar rangkaian kata-kata indah yang terucap, melainkan sebuah dzikir yang memancarkan cahaya spiritual bagi setiap pelafaznya. Keindahan makna dan keberkahan yang terkandung dalam setiap ayat-ayatnya menjadikan Bacaan Sholawat Mudhoriyah sebagai sumber inspirasi dan keheningan yang mendalam bagi setiap jiwa yang merindukan kedekatan dengan Sang Pencipta.

Semoga setiap langkah yang diiringi dengan getaran Bacaan Sholawat Mudhoriyah ini membawa berkah dan keberkahan dalam segala aspek kehidupan. Mari kita terus menjaga dan merawat hubungan kita dengan Allah SWT melalui dzikir-dzikir yang penuh makna seperti Sholawat Mudhoriyah.

Itu saja pembahasan yang bisa exponesia.id berikan, semoga kita senantiasa diberkahi dan mendapatkan perlindungan-Nya di setiap langkah perjalanan hidup kita. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *